GUI ( Graphical User Interface) Jul 30th 2016, 13:54, by Rafa H 
Pengertian Dari GUI GUI ( Graphical User Interface), adalah merupakan salah satu model interaksi antara dan komputer.
GUI berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan suatu aplikasi komputer, selain itu juga untuk memperindah tampilan suatu aplikasi.
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball.
Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
Sejarah mencatat bahwa Xerox PARC (Palo Alto Research Center) yang pertama kali meriset tentang GUI. Pada tahun 1984, Apple merilis Macintosh yang menggunakan GUI hasil riset Xerox PARC. Beberapa tahun kemudian, Microsoft merilis sistem operasi Windows-nya yang juga menggunakan GUI. Apple mengklaim bahwa Microsoft mencuri ide dari Apple.
Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik GUI (Graphical User Interface).
Contoh sistem GUI :- Apple Macintosh
- Microsoft Windows pada IBM PC
- Open Look pada workstation Unix
- KDE, GNOME pada Linux
Pengorganisasian Software GUI WINDOWS LIBRARIES
| WINDOWS MANAGER
| APPLICATION PROGRAMS
| API TOOLKIT
|
Windows Libraries Terdiri dari set-set operasi standar yang dapat digunakan oleh software tingkat yang lebih tinggi untuk berinteraksi dengan GUI (Intrinsic Function)- Terdapat objek-objek grafis yang disebut widgets
Application Program Interface (API) Toolkit - Windows libraries tidak digunakan secara langsung, namun disediakan toolkit yang memungkinkan pengkonstruksian GUI dari se-set widget standar.
- Toolkit ini menyediakan Application Program Interface, yaitu fungsi-fungsi untuk mengkonstruksi widget atau memanipulasi komponen GUI yang lain.
- Programnya dikatakan call toolkit function
Widget GUI Diciptakan, dioperasikan dan dihapus (dikeluarkan) oleh software aplikasi melalui toolkit API. Contoh widget GUI : a. Box field b. Table field c. Button d. Radio field e. Toggle field f. Bar field g. Scroll bar h. Slide bar
Desktop Metaphor - Metodologi 'guiding paradigm' untuk lebih memudahkan user memahami penggunaan GUI
- Metaphor : analogi / kemiripan objek visual pada desktop grafis dengan objek sebenarnya
Contoh : icon recycle bin dengan gambar tempat sampah, dengan melihat icon tersebut maka asosiasi kita adalah tempat untuk membuang dokumen / file.
Paket Grafik GUI akan lebih bermanfaat ketika digunakan untuk aplikasi yang bersifat visual. Contoh : Graphic package software (software paket grafik)
2 jenis paket grafik : Painting package (Contoh : MS Paint, MacPaint)- Ditujukan untuk memenuhi kebutuhan seniman dan perancang grafik dalam pembuatan desain visual kreatif
- Menghasilkan tampilan bit-mapped yang berkualitas baik dalam hitam putih maupun berwarna
Drawing package (Contoh : Corel Draw, MS Visio)- Cenderung mempunyai orientasi teknis dengan pengontrolan yang ketat atas skala dan dimensi
- Cenderung merupakan tampilan yang tersimpan sebagai scalable object
Catatan GUI mempunyai kelebihan tertentu atas "character based interface" tradisional, khususnya pada hal-hal berikut : - Graphical symbols lebih mudah dikenali dan diingat daripada teks
- Direct manipulation, misalnya dengan menunjuk dan mengklik pada objek grafis dengan mouse, akan mengurangi waktu pembelajaran pemakai dan memberinya perasaan pengontrolan yang lebih atas HCI
Source: http://ariefanshare.blogspot.com | |
0 Response to "TKJ FOURth: GUI ( Graphical User Interface)"
Post a Comment